Monday 22 October 2012

efek minum air es saat ber olahraga

Efek Minum Air Dingin Setelah Berolahraga

Olahraga memang suatu kewajiban untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Sering kali orang-orang sehabis olahraga ingin meminum air dingin untuk menyegarkan tubuh. Namun, Pasti banyak yang bingung nih dan dalam hati terus bertanya-tanya adakah Efek Minum Air Dingin Setelah Berolahraga? apakah berbahaya?. Berikut penjelasan dari fenomena aneh 2012

Apa Efek Minum Air Dingin Setelah Berolahraga?

Efek Minum Air Dingin Setelah Berolahraga

Sebenarnya meminum air dingin setelah berolahraga sangat dianjurkan untuk mempercepat proses penyerapan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga juga untuk mempercepat suhu badan kita cepat turun. Walaupun begitu air dingin yang kita minum ada batas suhu yang harus kita ketahui. Air dingin yang paling baik adalah bersuhu 5 derajat Celcius (air dari lemari pendingin yang belum membentuk es) dan batas dingin yang dapat ditoleransi adalah 4C. Jumlah air yang kita minumpun tidak boleh berlebihan satu, dua teguk atau kira-kira 500 cc sudah cukup. Tunggu beberapa saat untuk tubuh merespon dan beradaptasi baru lah kamu minum air dingin lagi.
Apabila kamu meminum air dingin setelah berolahraga melebihi suhu dan jumlah air yang seharusnya diminum,ada kemungkinan kepala anda menjadi pusing, sebab sistem saraf pusat tidak siap merespon perpindahan dari panas ke dingin yang terlalu cepat. Dan ada kemungkina jika ini berlangsung terus menerus sistem saraf anda bisa terganggu.
Setelah berolahraga kita sangat membutuhkan cairan sebagai pengganti cairan yang hilang saat berolahraga. Apabila kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, kehilangan elektrolit tubuh membuat kerja sel menjadi berat dan bisa menimbulkan kejang otot.
Setelah berolahraga kamu sangat membutuhkan minuman yang mengandung isotonik dan elektrolit, komposisi minuman isotonic biasanya berupa karbohidrat dan kandungan elektrolit terutama Na+, K+, dan Cl-, sebab saat anda berolahraga, keringat yang keluar dari tubuh membawa pula elektrolit-ion dan kation yang dibutuhkan dalam kerja sel tubuh.
Namun, Bila berolahraga antara 1-2 jam, minumlah hanya air putih. Namun bila waktu kita berolahraga berlangsung lebih dari 2 jam, dianjurkan untuk minum sport drink yang didalamnya mengandung gula dan mineral, seperti kalsium, natrium, magnesium, klorida, dan lain-lain.
Kamu juga sangat dianjurkan untuk meminum air kelapa setalah berolahraga. Air kelapa adalah salah satu minuman isotonik alami yang memiliki komposisi hampir sama dengan minuman isotonik lainnya. Kandungan yang terdapat di dalamnya: karbohidrat, protein, mineral (K, Na, Ca, Mg, Fe, Cu, P, S) dan vitamin (vitamin C & vitamin B kompleks), lebih terjamin karena tidak mengandung bahan pengawet, pemanis dan bahan kimia berbahaya lainnya.
Selain Air dingin dan Minuman Isotonik yang sangat baik bila diminum setelah berolahraga, kamu juga  membutuhkan jus buah untuk mencegah pagal-pegal setelah melakukan olah raga, salah satunya adalah jus jeruk dan jus jambu merah.
Vitamin C yang banyak terkandung dalam jus tersebut terbukti membuat anda yang mengkonsumsinya sebelum dan sesudah berolahraga lebih sedikit merasakan pegal pada otot.
Akan Tetapi, Jangan sampai meminum minuman beralkohol atau yang mengandung kafein karena keduanya akan menyebabkan diuresis yaitu akan merangsang pengeluaran urine.

Itulah sedikit penjelasan  Efek Minum Air Dingin Setelah Berolahraga yang bisa Fenomena-aneh2012 berikan. Terima kasih atas kunjungannya dan anda pun bisa kembali lagi untuk membaca fenomena aneh yang lain.

0 comments:

Post a Comment