Sunday 11 November 2012

BUAT Linux Konfigurasi FX Guitar Rakarrack di Ubuntu

[GNU/Linux] Konfigurasi FX Guitar Rakarrack di Ubuntu

“>Rakarrack
Bagi anda gitaris yang tidak memiliki FX guitar jangan khawatir, anda tak usah membuang banyak uang untuk membeli FX. ada jalan alternatif dengan menggunakan Guitar rig (Windows) [tentu saja berbayar] haha sama saja dengan dusta ckckck dan bagi pengguna linux anda dapat memasang software Rakarrack (Linux) [Freedom]. Kebetulan disini saya menggunakan Linux Ubuntu 10.10.
Cara Instalasi :
Sebelumnya anda harus menginstall codec dan restricted extras. anda dapat mengunduhnya di CODEC dan restriced extras. atau anda dapat menginstal langsung apa bila anda terkoneksi dengan internet :
1
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras
Setelah ini anda tinggal menginstall rakarrack dan jack2 di Ubuntu Software Center atau pun dengan terminal. tapi disini saya menggunakan ubuntu software  anda tinggal mencari rakarrack dan jack2 lalu klik dan install. lihat gambar di bawah ini :
“>Ok, jika anda tidak mempunyai koneksi internet. anda bisa mengunduh nya di rakarrack. sudah ada inforamsi cara instalasi nya di web. klo masih bingung dengan instalasi masuk kepostingan kami. Untuk mengunduh jack2 bisa Disini ataupun disini. Jika telah selesai, kita masuk pada konfigurasi nya. Disini saya menggunakan tools seadanya : Gitar electric fender stratocaster, jack mic in, dan jack guitar cable.
Eksis dikit hehe
Konfigurasi :
tentunya masukan dulu jack nya ke mic in :D hehe…. lalu buka program jack2 di menu => sound and video => jack control. Setelah itu klik tombol start, lalu klik tombol  connect.

Tab Audio
Lihat gambar konfigurasi tab audio, anda tinggal kli drag sesuai pasangan device driver.
Tab ALSA
Dan untuk setup nya lihat setingan yang saya lakukan di tombol setup :
Jika masih terasa delay (latency), anda dapat mengkonfigurasi di menu Frame/Period, Periods/buffer, port maximum, timeout, dan start delay.
Setelah itu, Anda tinggal membuka software rakarrack di menu => Sound & Video =>
pada in/out klik Fx on. Selesai untuk konfigurasi yang lain nya seperti midi dll anda dapat menyetel di setting => preference.
Gitar anda telah bersuara dengan FX yang wah tidak kalah dengan FX Guitar RIG pada windows . Semoga artikel ini bermanfaat!!!!!
TERIMAKASIH

0 comments:

Post a Comment