Thursday 3 January 2013

Makanan yang Bisa Menyembuhkan Kita dari Kecanduan Rokok



Banyak orang mengatakan bahwa merokok bisa bermanfaat untuk menghilangkan stress dikala pekerjaan menumpuk atau karena banyak pikiran. Namun, selain dapat merusak kesehatan, merokok ternyata juga bisa menyebabkan ketergantungan. Bahkan ada banyak orang yang karena sudah menjadi perokok sejati, begitu bangun tidur bukannya cuci muka atau olah raga, yang ada adalah malah mencari rokok.
Orang-orang yang sudah mulai sadar akab bahaya rokok pun akhirnya mencari-cari cara bagaimana agar bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Berbagai usaha dan cara pun dilakukan, mulai dari berpuasa, rehabilitasi, atau mengganti rokok dengan permen.
Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada empat jenis menu makanan yang sangat membantu proses penyembuhan dari kecanduan rokok?
Sebuah penelitian tentang para perokok dilakukan oleh Duke University, sebuah universitas di Durham, Amerika Serikat. Hasilnya, diketahui bahwa ada empat menu makanan yang dapat membantu perokok sembuh dari kecanduannya. Makanan tersebut antara lain:
1. Sayuran
Sayuran hijau, seperti brokoli, sangat baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Zat anti-kankernya melindungi jantung dan paru-paru Anda dari racun asap rokok yang tinggal di dalam tubuh. Zat di dalam brokoli akan mengurangi efek racun nikotin yang perlahan menjalar di tubuh Anda.
Sayuran lain seperti seledri, terong, kacang-kacangan dan mentimun juga sangat baik bagi pecandu rokok. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin, zat di dalam sayuran sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungan tubuh pada nikotin.
2. Buah-buahan
Mereka yang kecanduan rokok pada umumnya kekurangan vitamin C, hal ini disebabkan karena adanya kandungan nikotin di dalam darah. Nikotin mempengaruhi metabolisme tubuh yang menyebabkan tubuh kita tidak mampu menyimpan vitamin C dengan baik.
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, berry-berryan, adalah buah yang kaya akan vitamin C. Perbanyak konsumsi buah-buahan tersebut dan dalam beberapa waktu vitamin C akan mengusir habis nikotin dari tubuh Anda.
3. Aneka Produk Susu
Memang tak banyak yang menyukai rasa susu, namun susu justru sangat baik untuk mendukung program penyembuhan kecanduan rokok ini. Susu ternyata dapat mempengaruhi rasa dari rokok, menjadikannya terasa pahit dan tidak enak. Rasa tidak enak tersebut akan membuat perokok perlahan jera mengonsumsi rokok.
Konsumsi susu sehari dua kali, dengan demikian tanpa Anda sadari rokok yang Anda hisap perlahan berkurang sedikit demi sedikit.
4. Minuman non-karbon
Jauhi softdrink dan perbanyak minum air mineral atau jus buah. Kandungan nutrisi dalam jus buah akan membantu membersihkan racun nikotin di dalam tubuh. Sedangkan softdrink, atau kopi justru membuat tubuh Anda semakin haus pada nikotin.
Nah, sebelum anda terkena efek negatir rokok dan susah untuk menghilangkan kebiasaan merokok, ada baiknya bila mulai dari sekarang anda coba untuk mengurangi porsi rokok anda setiap harinya. Kalau bisa, mulailah berhenti merokok dari sekarang. Jangan sampai terlambat!

0 comments:

Post a Comment