Tuesday 11 October 2016

Recover tabel partisi hardisk

Mungkin banyak yg galau ketika HD tidak sengaja terformat saat install ulang OS atau gak sengaja nguprek-nguprek pengen rubah partisi dari MBR ke GPT seperti yg saya alami beberapa waktu lalu.
Alhasil, GPT saya dapat namun semua partisi saya hilang lenyap … ahh curhat nih .. haha
Mari lanjut ke topik, gmn ya kalo sudah ke format ? datanya penting nih ..
Tak usah galau pula lah kau, hehe
Coba kita recover dulu dengan GPARTED.
Ya gparted, eits tapi pake GPARTED live-cd boot, untuk iso nya bisa di download di situs resmi gparted sendiri http://gparted.org/download.php.
Ok, saya anggap iso sudah terburning ke DVD, FD atau media booting lainnya.
Jpeg
Pilih Gparted Live, untuk booting.
Jpeg
Lalu pilih don’t touch keymap, menu ini hanya untuk check keymap keyboard.
Di indonesia sendiri saya rasa hampir 95% memakai US keyboard.
Jpeg
Nah kita akan ditanya layout keyboard, pilih sesuai layout, umumnya adalah 33 untuk standart Indonesia.
Jpeg
Kemudian kita ditanya ingin menggunakan mode apa ? Dengan DE atau Command line.
Disini saya akan menggunakan mode DE, jadi saya pilih 0.
Untuk yang sudah familiar dengan linux / unix bisa pilih mode 2 (Command line) biar greget .. haha
Jpeg
Yaap, kita sudah masuk desktop, lalu buka terminal dan masuk mode root.
sudo su
Jpeg
Untuk mengecheck HD mana yang ingin kita recover, kita bisa menggunakan fdisk.
fdisk -l
Di sini saya akan merecover /dev/sda.
Jpeg
Setelah anda tahu mana HD yang akan anda partisi, selanjut anda bisa mengetik command :
testdisk
Kemudia pilih No Log (Seperti gambar diatas).
Jpeg
Lalu kita pilih HD yang akan kita recover.
Jpeg
Disini kita pilih Intel/PC Partition untuk partisi MBR, umunya user dual boot dengan windows atau user windows menggunakan partisi MBR.
Jpeg
Maaf sebelumnya gambarnya blur, , hehe
Pilih analyze untuk memulai proses analisa partisi HD anda dan tunggu prosesnya hingga selesai, untuk HD saya yg berukuran 320 GB memakan waktu kurang lebih 5 menit.
Jpeg
Nah HD sudah selesai, partisi yang terformat (yang berwarna hijau), tekan enter pada partisi yang ingin anda recover.
Jpeg
Pilih write untuk merecover partisi anda, setelah selesai anda bisa quit dan reboot.
Anda bisa melihat partisi anda setelah rebot.
Cara ini sudah saya test, dan berhasil tanpa ada corrupt file.
Table partisi yang saya recover baru terformat satu kali.

0 comments:

Post a Comment