Thursday 8 November 2012

RACUN CYANIDA( hidrogen cyanida)




            Cyanida ( asam cyanida, asam prussiat) dewasa ini menjadi perhatian penting masyarakat karena terjadinya banyak kasus keracunan oleh bahan kimia ini. Kebanyakan terjadinya kasus keracunan cyanida karena tertelan secara tidak sengaja dari bahan yang mengandung racun tersebut. Kejadian sering dilaporkan pada industri kimia karena bentuk hydrogen cyanida dan derivatnya digunakan pada proses elektroplating, metallurgi dan ekstraksi logam emas ataupun perak didaerah pertambangan. Juga digunakan untuk membuat fiber sintetik, plastik dan fumigasi ataupun juga untuk fertilizer.

Tabel 1. Contoh komponen  bahan kimia yang mengandung cyanida
Nama
Formula
Bentuk komersial
Dosis fatal (TLV)
Aceton cyanohydrin
Acetonitrile
Acrylonitrile

Calcium cyanamide
Calcium cyanide
Cyanogen
Cyanogen bromida
Cyanogen chlorida
Dimethyl cyanamide
Hydrocyanic acid
Nitroprussid
Potassium cyanat
Potassium cyanide
Potassium ferrocyanide
Sodium cyanide
(CH3)2C(OH)CN
CH3CN
CH2:CN

CaCN2
Ca(CN)2
N:CC:N
CNBr
CNCl
(CH3)2NCN
HCN
Na2{Fe(NO)(CN)5.H2O
COCN
KCN
K4Fe(CN)6.3H2O
NaCN
-
Solvent
Serat sintetis dan plastik
Pupuk
Fumigasi, pestisida
Fumigasi,blast furnace
Fumigant
Organik sintesis
Organik sintesis
Fumigant
Antihypertensi,reagen
Herbisida,reagenkimia
Elektroplating
Metallurgi
Elektroplating
15mg/Kg
120mg/Kg
35-90mg/Kg

40-50g
5mg/cu
13ppm
13ppm
13ppm
75mg/Kg
0,5mg/Kg
10mg/Kg
1g/Kg
2mg/Kg
1,6g/Kg
2mg/Kg
            Kejadian toksisisitas cyanida tidak hanya tertelan melalui mulut, tetapi sering terjadi melalui inhalasi dan dan absorpsi melalui kulit.. Gas cyanida sangat berbahaya, dengan menggunakan topeng gas tidak dapat melindungi seluruhnya terhadap keracunan cyanida ini dan hanya berpengaruh sedikit. Bentuk garam cyanida adalah paling beracun dimana garam ini sering terkandung dalam komponen bahan kimia yang mengandung cyanida.
            Dosis lethal (LD 50) dari komponen ini adalah sekitar 2 mg/Kg, dnegan menelan 50-75 mg dari garam cyanida ini dapat menyebabkan sulit bernafas dalam waktu beberapa menit. Hallogen cyanida adalah gas yang mengiritasi dan dapat menyebabkan oedema paru-paru, air mata kelur terus dan hipersalivasi.
            Kebanyakan plastik dan serat acrylic dapat mengeluarkan gas cyanida bila dibakar. Gas tersebut dapat terhisap melalui pernfasan terabsorpsi melalui kulit dan dapat menyebabkan terjadinya kematian. Sumber lain dari keracunan cyanida ialah dengan memakan/termakan cyanogenik glycosida yang terdapat dalam biji dari buaha-buahan tertentu. Amygdalin, adalah salah satu senyawa cyanogenik glykosida yang terdapat dalam biji buah apel, peach, plum, apricot, cherry dan biji almond, dimana amygdalin di hidrolisa menjadi hidrogen cyanida.
 

Amygdalin



                                    ß-glucosidase
Amygdalin +H2O                                                       Mandelonitril glycosida
                       
                                                            + H2O, pronase
Glucose + mandelonitril                                              Benzaldehyd + HCN

Mekanisme toksisitas cyanida

            Cyanida menjadi toksik bila berikatan dengan trivalen ferric (Fe+++). Tubuh yang mempunyai lebih dari 40 sistem enzim dilaporkan menjadi inaktif oleh cyanida. Yang paling nyata dari hal tersebut ialah non aktif dari dari sistem enzim cytochrom oksidase yang terdiri dari cytochrom a-a3 komplek dan sistem transport elektron. Bilamana cyanida mengikat enzim komplek tersebut, transport elektron akan terhambat yaitu transport elektron dari cytochrom a3 ke molekul oksigen di blok. Sebagai akibatnya akan menurunkan penggunaan oksigen oleh sel dan mengikut racun PO2.
            Cyanida dapat menimbulkan gangguan fisiologik yang sama dengan kekurangan oksigen dari semua kofaktor dalam cytochrom dalam siklus respirasi. Sebagai akibat tidak terbentuknya kembali ATP  selama proses itu masih bergantung pada cytochrom oksidase yang merupakan tahap akhir dari proses phoporilasi oksidatif.
            Selama siklus metabolisme masih bergantung pada sistem transport elektron, sel tidak mampu menggunakan oksigen sehingga menyebabkan penurunan respirasi serobik dari sel. Hal tersebut menyebabkan histotoksik seluler hipoksia. Bila hal ini terjadi jumlah oksigen yang mencapai jaringan normal tetapi sel tidak mampu menggunakannya. Hal ini berbeda dengan keracunan CO dimana terjadinya jarinngan hipoksia karena kekurangan jumlah oksigen yang masuk. Jadi kesimpulannya adalah penderita keracunan cyanida disebabkan oleh ketidak mampuan jaringan menggunakan oksigen tersebut.

Gejala klinis

            Cyanida menyebabkan keracunan yang sangat cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu beberapa menit. Terjadinya gejala keracunan cyanida bergantung pada jenis cyanidanya. Gas hidrogen cyanida adalah paling beracun dan gejalanya timbul dalam beberapa detik dan kematian terjadi dalam beberapa menit. Bila garam cyanida termakan, gejalanya tidak cepat terlihat, karena bahan kimia tersebut diabsorpsi secara lambat. Derajat keparahan bergantung pada jumlah/dosis yang masuk kedalam tubuh. Gejala yang terlihat pada keracunan sedang adalah sebatas pada kelemahan penderita, sakit kepala, mual dan muntah. Gejala tersebut terjadi dengan cepat dan terlihat tidak spesifik.
            Pada umumnya hipoksia seluler yang disebabkan oleh keracunan cyanida dapat menyebabkan kematian sel, tetapi kekurangan oksigen pada sel tertentu pada aortik dan karotik adalah penyebab utama dari kematian sel tersebut. Hal ini menyebabkan gejala piperpnea, yang diikuti dengan dyspnea. Terjadinya nausea dan vomitus mungkin disebabkan karena iritasi pada mukosa gastro-intestinal oleh garan cyanida tersebut.
            Begitu konsentrasi cyanida dalam darah meningkat, laju respirasi menjadi lambat (menurun) dan terjadi sesak nafas, tetapi cyanosis biasanya tidak ditemukan. Konsentrasi cyanida dalam darah meningkat, kekurangan oksigen pada otak terjadi dan timbul kejang-kejang hipoksia  dan kemudian diikuti dengan kematian karena nafas terhenti.
Tabel 2. Hubungan antara kandungan cyanida dalam darah dan gejala khas yang timbul
Kandungan CN (mg/L)
Derajat keracunan
Gejala
0,5-1,0


1,0-2,5


2,5 - lebih
Ringan


moderat


Parah
Denyut nadi cepat
Sakit kepala
Lemah
Stupor tetapi ada reaksi
tachycardia
tachipnea
Koma, tak ada reaksi
hypertensi
respirasi lambat
pupil dilatasi
cyanosis
Kematian jika tak tertolong

Pengobatan

            Pada kejadian keracunan akut sulit dapat ditolong. Pengobatan terutama ditujukan untuk menurunkan jumlah cyanida yang terikat dalam jaringan. Satu paket antidotum telah digunakan yaitu mengandung:
-           Amyl nitrit inhalant
-           3% larutan sodium nitrit
-           25% larutan sodium thiosulfat
            Pertama diberikan adalah amyl nitrit melalui inhalasi, diikuti dengan sodium nitrit melalui intravena. Kedua bahan tersebut berguna untuk mengoksidasi besi ferro dalam haemoglobin menjadi ferri, hal tersebut menghasilkan metHb (Fe3+). MetHb berkompetisi dengan cytochrom oksidase untuk sirkulasi cyanide (persamaan A). MetHb mempunyai ikatan cyanida yang lebih kuat daripada cytochrom oksidase, tetapi metHb hanya dapat mengikat cyanida bebas (persamaan B), begitu juga cyanida-cytochrom oksidase komplek. Sehingga pelepasan dari enzim menyebabkan terjadinya aktifitas sistem elektron transport timbul. Akibatnya pembebasan cyanida kedalam intraseluler akan diikat oleh metHb dan terbentuk cyanometHb (persamaan C).
            Perlu diingat bahwa reaksi antara cyanida dan kompleknya adalah reaksi reversibel sehingga cyanometHb juga berpotensial untuk disosiasi. Disinilah kondisi mengapa diterapkan penggunaan cyanometHb dengan thiosulfat disertai sulfur transferase (rhodanese), ditujukan untuk membentuk komponen nontoksik dari thiocyanat yang siap diekskresikan melalui ginjal (persamaan D).

Hemoglobin (Fe2+) + amyl nitrit atau sodium nitrit               MetHb (Fe3+)
                        (Persamaan A)

Cyanida + MetHb                   CyanmetHb
                        (Persamaan B)

Cyanide-Cytochrom oksidase komplek + MetHb                    CyanometHb + Cytochrom
                        (Persamaan C)                                                                         Oksidase

CyanometHb + Thiosulfat                              Thiocyanat +  sulfit + MetHb
                        (Persamaan D)

            Walaupun penggunaan antidotum spesifik untuk toksisitas cyanida telah direkomendasikan, ada beberapa hal perlu diperhatikan. Yaitu bilamana haemoglobin berubah menjadi met-Hb, ia kehilangan kemamampuannya untuk mengikat oksigen. Hal ini menyebabkan terjadinya disosiasi, reaksi berbalik arah, sebagi akibatnya timbul bahaya gangguan fisiologis. Hal lain ialah terjadinya kemungkinan penurunan tekanan darah karena hadirnya nitrit. Bahan tersebut memacu terjadinya vasodilatasi sehingga menyebabkan kolaps kardiovaskuler.
            Pemberian oksigen adalah merupakan antidotum yang tidak spesifik, tetapi sangat berguna untuk pengobatan toksisitas cyanida. Pengobatan dengan oksigen dapat sangat berguna karena ada dua alasan yaitu:
1.      Dapat menggantikan ikatan cyanida dalam cytochrom oksidase
2.      Meningkatkan jumlah oksigen intraseluler yang akan dapat mencukupi kekurangan non-enzimatik cytochrom menjadi  oksidase cytochrom sehingga dapat berfungsi sebagai transport elektron kembali. Telah direkomendasikan bahwa oksigen diberikan setelah pemberian nitrit karena terjadinya penurunan ikatan oksigen oleh metHb sehingga terbentuk hemoglobin kembali.

0 comments:

Post a Comment