Monday 22 October 2012

Kenali 11 Kombinasi Temperamen Pasangan Anda

Kenali 11 Kombinasi Temperamen Pasangan Anda


Depan – Tidak ada seorangpun di dunia ini yang memiliki satu temperamen yang 100 % sanguin, atau plegmatik, dan sebagainya.  Biasanya setiap orang mempunyai kombinasi temperamen antara dua, tiga atau lebih dalam diri seseorang, dan akan muncul satu atau dua temperamen yang sangat dominan.  Berikut Ringkasanya:
1. Temperamen Sanguin-Plegmatik
Suka menyenangkan orang lain.  Orangnya sosial, mudah begaul, dan toleransi terhadap kekurangan orang lain. Talenta yang menonjol adalah membuat orang gembira.  Letakkan dia ditengah-tengah orang banyak, maka dalam waktu yang singkat ia akan membuat banyak orang tertawa  dan gembira. Jika ia diangkat sebagai salesman, perusahaan dimana ia bekerja  akan cepat maju.
Kelemahan dibidang rohani adalah ia tidak konsisten dan stabil. Orang seperti ini mudah murtad dan kembali bertobat (ber- ulang kali).  Jika mereka mendengar khotbah yang menjamah  hati, maka akan segera bertobat dan berjanji untuk setia kepada Tuhan.  Besoknya mereka akan kembali kepada pola hidup yang lama.  Bukannya mereka tidak setia, tetapi lekas lupa. 

Orang-orang sanguin perlu menggunakan talentanya dan kestabilan dalam tekad dan keputusannya.
2. Temperamen Sanguin-Melankolis
Kombinasi ini membuat seseorang bersifat spontan dalam perasaannya dan suka berbicara, namun ia setia kawan. Ia digemari dalam pesta, kalau pergi berbelanja, atau makan sore bersama.  Orangnya suka bergembira dan enak untuk ditemani dan itu bukan dibuat-buat.  Dia akan menjadi sahabat Anda seumur hidup.
Bersifat fleksibel dalam persahabatannya dengan siapa saja.
Bebas menyatakan perasaannya dimana pada satu ketika mudah menangis dan tidak lama lagi akan tertawa.  Cuma orang  cenderung berpikir bahwa emosinya tidak stabil.  Oleh sebab itu, ia membutuhkan pertolongan Roh Kudus untuk  mengendalikan emosinya.
Bukan pendendam atau bersifat menyerang.
 3.Temperamen Sanguin-kolerik
Menonjol dengan kesanggupan untuk meyakinkan orang lain apa saja yang mereka hendak sampaikan.  Bahagian sanguin akan membuat seseorang disukai dan koleriknya akan memberi motivasi dan dorongan.
Melalui temperamen sanguinnya, ia dapat menarik perhatian orang banyak melalui ceritera yang lucu-lucu atau humor. Jika ia gunakan ini untuk meninggikan Kristus, banyak orang akan menyerahkan diri kepada Yesus.
Salah satu masalah rohani yang dihadapi yang temperamennya sanguin kolerik adalah kecenderungan untuk lupa bergantung kepada Tuhan.  Contohnya, rasul Petrus.
4. TEMPERAMEN MELANKOLI-KOLERIK
Biasanya mereka adalah pekerja yang baik.  Temperamen kolerik akan memberikan cukup banyak energi, sementara  temperamen melankolik akan memberikan kesiap-siagaan akan detail.  Mereka ini memiliki daya konsentrasi yang tinggi sehingga keterampilannya dikagumi banyak orang.
Kreativitas adalah sifat yang menonjol dalam melankolik. Supaya tetap gembira, mereka membutuhkan saluran untuk  energi kreativitasnya.  Jika itu tidak disalurkan dengan baik, maka mereka jadi tegang, mudah tersinggung, dan kurang  puas. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan pekerjaan atau hobi.
Mereka ini mudah bergaul dan orangnya lemah lembut.  Styleny kelihatan introvert, tetapi ia adalah seorang yang sosial.  Ditempat pekerjaan ia disukai dan menaruh perhatian pada para pasien, walaupun ia tidak terlalu banyak bicara.  Tingkah-lakunya bersifat profesional.
Mereka bersifat disiplin dan berdikari.
Kelemahan mereka adalah cepat marah.  Dia kuatir akan banyak perkara, seperti masa depan profesinya, keadaan ekonomi, dll. Dia kurang bergantung kepada Tuhan dan mencari kekuatan- Nya setiap hari.  Dia juga cenderung menjadi seorang perfeksionis (harus semuanya sempurna).
5. TEMPERAMEN MELANKOLI-PLEGMATIK
Kelemahannya adalah roh tukang kritik.  Sering ia terfokus hanya perkara-perkara yang negatip yang membuat orang menjauhkan diri daripadanya.  Kelihatannya ia merasa puas  apabila telah mengeritik orang lain.  Kadang-kadang ia dapat  bersikap dingin dan tidak bicara selama dua atau tiga hari  karena kesalahan orang lain.
Kelemahan lainnya adalah mudah merasa sakit hati.
Temperamen melankoli memiliki kekuatan yang positip yaitu sangat kreatif dan teliti.  Dia akan menjadi seorang tukang  jahit pakaian atau mendesign pakaian.
6. TEMPERAMEN MELANKOLI-SANGUIN
Ini adalah kombinasi yang aneh dan jarang ada.  Temperamen  melankolinya akan membuat dia sibuk membuat kamar atau  rumahnya sangat bersih.  Sifat perfeksionismenya sangat  kuat sehingga jika rumahnya berantakan, ia tidak akan mau mengundang kawannya yang sudah lama tidak bertemu.
Melihat sanguin adalah sifat keduanya, maka rasa kurang nyaman  akan diekspresikan dalam kekuatiran terhadap lawan jenis. Dia kurang yakin bahwa ada orang yang menyukai dia.
Kelemahan dibidang kerohanian adalah sifatnya suka mengeritik orang lain.  Ini adalah bahagian dari melankolinya.  Selalu ada kesalahan dalam gerejanya, khotbah pendeta, dan pelajaran SS.
Mempunyai mood swings (emosi yang tidak stabil).
7. TEMPERAMEN KOLERIK-MELANKOLI
Hampir semuanya adalah pekerja yang baik.  Mereka akan menggunakan talentanya semaksimal mungkin.  Dia akan berhasil melalui kesungguh-sungguhannya.
Masalah yang terbesar adalah jika berurusan dengan orang lain. Dia mengkombinasikan keterus-terangan dan kekerasan dari kolerik dengan perasaan sensitif dan pessimisme dari melankoli dan inilah yang membuat masalah bagi persahabatan.
Kebaikan temperamen ini adalah kesanggupannya untuk bekerja tanpa pamri, kemauan yang kuat untuk memperoleh sukses, serta tidak putus asa.
Kesuksesan yang dimiliki diperoleh oleh tidak perduli akan  perasaan bawahannya.  Sering ia memarahi para pegawainya  karena tidak mencapai standar yang tinggi yang telah dipatoknya.  Akibatnya banyak pegawainya akan tinggalkan dia.
Sifat melankolinya membuat dia kurang sabar dan mengucapkan kata-kata kasar terhadap orang lain khususnya di rumah tangga. Ini cenderung membuat orang sakit hati atau tersingging dan  akitbatnya, lebih banyak musuh yang terjadi daripada sahabat yang dia  perlukan.
Kebutuhannya yang terbesar adalah kehadiran Roh Kudus dalam dirinya agar dapat mengatasi rasa benci dan dendam.
8. TEMPERAMEN KOLERIK-SANGUIN
Tipe orangnya menarik, mengikuti dorongan hati, ambisius, kurang perasaan, dan ingin menguasai orang lain.  Karena  orangnya menarik, maka tindakannya bersifat spontan dan hidup-hidup karena semangat yang membara. 
Dapat menimbulkan kepribadian yang saling bertentang (split personalities) dimana pada satu saat ia akan bersifat bersahabat, dan pada kesempatan yang lain, ia akan bertindak kasar dan menghina, sehingga orang lain jadi kebingungan.  Contohnya, “Apa sih yang dia tahu; kan dia cuma seorang sekretaris!”
Kolerik biasanya bertindak keras dan kebal perasaan.  Mereka tidak sensitif terhadap rasa sakit yang dia timbulkan terhadap orang lain.
Apabila mereka dikuasai Roh Kudus, mereka akan menghormati perasaan orang lain, maka mereka inilah yang akan memper tahankan standar yang tinggi dan menjadi manager yang baik.
9. TEMPERAMEN KOLERIK-PLEGMATIK
Dari luar orangnya kelihatan tenang dan pandai bergaul.  Namun  ia menghendaki sesuatu yang tepat pada sasarannya dan  berusaha bersikap positip.  Ia akan bekerja keras terus menerus sampai tujuannya tercapai.  Dia melakukan tugasnya dengan seksama dengan kwalitas yang tinggi.
Kelemahannya adalah ia dapat mendadak marah jika ia ditantang. Dari segi rohani, ia tidak dapat mengekspresikan kasih sayangnya dan tanda ia setuju.  Dia kuatir orang lain akan menunjukkan segi kelemahannya, sehingga ia bersifat defensif.  Dalam hal ini, ia cenderung dituduh sebagai orang yang munafik.
Kebutuhannya yang terbesar adalah rasa percaya diri dan siap ditegor / dinasehati kesalahan atau kelemahannya.  Ini hanya dapat diperoleh melalui pertolongan Yesus.
10. TEMPERAMEN PLEGMATIK-KOLERIK
Memiliki kombinasi sifat tenang, cocok dan kelihatan puas. Namun dibawah dasarnya ada sifat yang keras dan suka menentang atau berperang.
Biasanya orangnya kalem, tidak terburu-buru dan itu nyata dari cara ia berjalan dan berbicara.  Mereka berbicara dengan perlahan-lahan dan tenang.
Di gereja, mereka ini kelihatan tidak begitu dimotivasi untuk  berusaha dengan keras.  Mereka tidak menolak panggilan Allah untuk bekerja bagi-Nya, namun tidak juga bersifat agresif dalam cara menjalankan tugasnya.  Pekerjaannya berjalan dengan lancar, tetapi tidak kelihatan ambisius
11. TEMPERAMEN PLEGMATIK-MELANKOLI
Pola kehidupan yang santai dan tidak tergesa-gesa.  Dalam hal ini, kelihatannya mereka membutuhkan sedikit tuntunan dan motivasi dari luar dalam hidupnya. 
Sifat kelemah-lembutan, suka bertamu dan bergaul, serta menunjukkan toleransi terhadap orang lain membuat suasana persahabatan nyaman rasanya. 
Ditinjau dari segi kerohanian, mereka ini mencintai orang sehingga jarang menolak memberi bantuan kepada siapa saja.
Kelemahannya adalah orang lain akan menyalah-gunakan kebaikan tersebut dan biasanya kehidupan kerohanian mereka tidaklah begitu dalam.

0 comments:

Post a Comment