Friday 26 October 2012

Ornamen Gua

Ornamen Gua

Caving diambil dari kata “cave” yang berarti gua, dapat diartikan sebagai kegiatan atau olah raga penelusuran gua. Caving sangat erat hubungannya dengan kegiatan ilmiah dalam Speleologi (ilmu tentang gua). Itulah sebabnya caving dan speleologi merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan.
Kali ini, saya akan membahas hal-hal yang menarik pada saat penelusuran gua (caving) apalagi jika buka ornamen. Ornamen gua terbentuk akibat adanya endapan-endapan kalsium yang terjadi melalui tetes-tetes air ataupun karena ter-erosi oleh aliran air. Pembentukan ornamen ini tidak membutuhkan waktu yang cepat. Untuk itu perlu diperhatikan etika penelususran gua :

ETIKA PENELUSURAN GUA

TAKE NOTHING BUT PICTURE

Dilarang mengambil apapun kecuali gambar (foto)

LEAVE NOTHING BUT FOOT PRINT

Dilarang meninggalkan apapun kecuali jejak kaki

KILL NOTHING BUT TIME

Dilarang membunuh apapun kecuali waktu
1. Flow Stone
Adalah kalsit yang terdeposisi (diendapkan) pada lorong gua.

2. Grous
Adalah kumpulan kalsit yang berkupul (terbentuk) dialiran air atau kemiringan tanah. Aliran ini banyak mengan dung carbon dioksida (CO2), semakin CO2 menguap atau memuai, calsit yang terbentuk semakin banyak.


3. Marble
Adalah batu gamping yang mengalami perubahan bentuk dimetamorfasekan oleh panas dan tekanan, sehingga merubah struktur yang unik dari batu tersebut.

4. Stalagtit
Adalah formasi kalsit yang menggantung.

5. Stalagmit
Adalah formasi yang menjulang keatas dibawah atap stalagtit.

6. Straw
Bentuknya seperti stalagtit tetapi berdiameter kecil, sebesar tetesan air, panjangnya 1-15 Cm.

7. Pearls
Adalah kumpulan batu kalsit yang berkembang didalam kolam dibawah tetesan air, disebut pearls karena bentuknya seperti mutiara.

8. Styalalite
Garis gelombang yang terdapat pada potongan batu gamping.

9. Curtain
Endapan yang berbentuk seperti lembaran yang terlipat, menggantung di langit-langit gua atau di dinding gua.

10. Rimstone Pool
Berbentuk seperti bendungan yang berbentuk ketika terjadi pengendapan air, CO2-nya menghilang dan menyisakan kalsit yang bersusun-susun.

0 comments:

Post a Comment